Sabtu, 22 Oktober 2016

Nilai Tambahan TIK

Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh

Selamat datang lagi di Blog ane, dan kali ini ane ingin membahas soal-soal pelajaran TIK yang muncul dalam saat ane UTS. Soalnya pun cukup sulit (bagi ane dikarenakan kurang belajar hehe), dan walaupun sulit tetapi ane tidak meng"HALAL"kan segala cara, karena ane mempunyai prinsip "Gapapa Jelek, Yang Penting Ga Nyontek" #badumtss . Oke, langsung saja ane akan sharing soal-soalnya berikut jawabannya.

1. Pertanyaan : Apa yang kalian ketahui tentang jaringan komputer ?
    Jawaban : Jaringan komputer (jaringan) adalah jaringan telekomunikasi yang memungkinkan antar komputer untuk saling bertukar data. Tujuan dari jaringan komputer adalah agar dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang meminta/menerima layanan disebut klien (client) dan yang memberikan/mengirim layanan disebut peladen (server). Desain ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.
Dua buah komputer yang masing-masing memiliki sebuah kartu jaringan, kemudian dihubungkan melalui kabel maupun nirkabel sebagai medium transmisi data, dan terdapat perangkat lunak sistem operasi jaringan akan membentuk sebuah jaringan komputer yang sederhana. Apabila ingin membuat jaringan komputer yang lebih luas lagi jangkauannya, maka diperlukan peralatan tambahan seperti Hub, Bridge, Switch, Router, Gateway sebagai peralatan interkoneksinya.

2. Pertanyaan : Jelaskan pengertian dari Host/Node. Link(Saluran) dan Software dalam Jaringan Komputer !
    Jawaban :  
• Host to Host adalah sebuah bentuk komunikasi atau hubungan di dalam sebuah jaringan komputer yang terjadi antar host, yaitu komputer dengan perangkat lain yang terhubung satu sama lain. Pengenalan antar host  melalui alamat jaringan komputer berdasarkan Internet Protocol atau yang lebih sering kita kenal dengan IP sehingga antar komputer yang saling terhubung dan saling berkomunikasi dapat saling mengenali satu sama lain melalui alamat jaringan. Node adalah setiap komputer, printer atau periferal yang terhubung dalam jaringan. Sebuah jaringan komputer sekurang-kurangnya terdiri dari dua unit komputer atau lebih, dapat berjumlah puluhan komputer, ribuan atau bahkan jutaan node yang saling terhubung satu sama lain.
Link (atau di sebut juga hyperlink) adalah sebuah acuan dalam dokumen hiperteks (hypertex) ke dokumen yang lain atau sumber lain. seperti hal nya suatu kutipan di dalam literatur.
Perangkat lunak (bahasa Inggris:software) adalah istilah khusus untuk data yang diformat, dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca, dan ditulis oleh komputer. Dengan kata lain, bagian sistem komputer yang tidak berwujud.

3. Pertanyaan : Sebutkan minimal 3 kegunaan kabel tipe Straight !
    Jawaban : • menghubungkan antara komputer dengan switch
                    • menghubungkan switch ke router
                    • menghubungkan HUB ke router
                    • menghubungkan komputer dengan LAN pada modem cable/DSL
                    • menghubungkan router dengan LAN pada modem cable/DSL

4. Pertanyaan : Sebutkan minimal 3 kegunaan kabel tipe Cross Over !
    Jawaban : • menghubungkan dua komputer secara langsung
                    • menghubungkan dua buah switch
                    • menghubungkan dua buah HUB
                    • menghubungkan switch dengan HUB

5. Pertanyaan : Sebutkan peralatan yang dibutuhkan untuk membuat kabel jaringan !
    Jawaban : • Tank Crimping
                    • Kabel UTP
                    • Konektor (RJ45)
                    • LAN Tester


Sumber : 1 2 3 4 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar